Keunggulan Fakultas Hukum UMM


Keunggulan Fakultas Hukum UMM


Fakultas hukum merupakan salah satu fakultas yang berada di UMM. Fakultas ini berdiri pada bulan september 1965 atas prakarsa tokoh dan pimpinan Muhammadyah daerah Malang (antara lain Prof. A. Mansyur Effendy, SH., Prof. Drs. Sufyan Aman, SH., Habib Syarbini, SH., Amir Hamzah, SH., dan lainnya). Fakultas hukum hanya mempunyai 1 jurusan yaitu Ilmu Hukum. Fakultas Hukum UMM juga sudah mendapatkan akreditas yang sangat baik yaitu “A”. Sesuai dengan Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Nomor : 648/Dikti/Kep/1993 tertanggal 23 November 1993. Kemudian, dalam akreditasinya yang dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN) pada tahun 1998, berdasarkan SK. BAN Nomor: 00168/Ak-1.1/UMMIHK/VII/1998 Fakultas Hukum
Visi dan Misi FH di UMM  mempunyai ciri-ciri  Profesional, Humanis, dan Religius.
Yang dimaksud Profesional adalah FH di UMM harus ahli dan terampil dalam dalam penerapan ilmu (praktek) yang di pelajari oleh mahasiswa dan nantinya akan diterapkan dalam kehidupan masyarakat.
Dan yang dimaksud Humanis adalah para sarjana dan para mahasiswa adalah bersifat kemanusiaan. Para lulusan sarjana hukum harus selalu berpihak pada nilai-nilai/norma yang menjadi dasar keberpihakan nurani manusia yang kebenaran, keadilan, dan hak asasi manusia. Dan bekerja sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang ada.
Sedangkan yang dimaksud Religius adalah para mahasiswa dan para sarjana hukum harus berlandaskan pada Tuhan, karena keadilan dan Kebenaran hanya milik Allah SWT.
Lulusan Fakultas Hukum sangat dibutuhkan dalam masyarakat. contohnya bekerja sebagai penegak hukum yang diantaranya adalah: Polisi, Hakim,Jaksa ,Pengacara, Notaris dan lain-lainnya. Sarjana lulusan Fakultas Hukum juga dapat bekerja secara profesional dan berlandaskan agama.

Komentar

  1. Apa keunggulan utama Fakultas Hukum UMM yang membedakannya dari institusi pendidikan hukum lainnya di Indonesia?
    Visit us Telkom University

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer