Keunikan Kota Malang




                           KEUNIKAN KOTA MALANG


BUDAYA KOTA MALANG
Kota Malang adalah sebuah kota yang terletak di daerah Pulau Jawa yang tepatnya berada di provinsi Jawa Timur. Kota Malang terletak bersebelahan dengan kota Surabaya, yang notabenenya merupakan ibukota Jawa Timur. Dengan letak yang berdekatan ini, kota Malang dan Kota Surabaya ini merupakan 2 kota yang menjadi salah satu ikon provinsi Jawa Timur. Dengan menyebut kata Malang, pasti yang langsung terlintas adalah kota dengan khas dinginnya, kota bunga yang berarti kota yang asri dan masih alami, dan kota pelajar karena sangat banyak pelajar yang rela dari jauh untuk merantau menempuh ilmu di kota Malang ini. Tak hanya itu saja yang menjadi ikonik kota malang, terdapat beberapa hal yang menjadi ciri khas kota Malang ini. Yang pertama adalah bahasa walikan. Kalian pasti sering mendengar “oyi sam” yang berarti iyo mas atau oke bro , “ oskab Ngalam “ atau dibalik bakso Malang, “ Ongis Nade “ yang jika dibalik adalah singo edan dan seterusnya. Konon yang menciptakan bahasa walikan atau balikan ini merupakan warga malang yang hobi nonton pertandingan klub kebanggaannya yaitu Arema.
MAKANAN
Selain wisata dan budayanya yang wajib dikunjungi ternyata wisata kuliner di Kota Malang juga menjadi salah satu yang wajib untuk dikunjungi, memang menjadi favorit bagi semua orang yang berkunjung ke Kota Malang karena sangat banyak macam macam makanan khas Malang yang diminati, dan yang menarik dari wisata kuliner kota Malang yakni rasanya yang nikmat dan berbeda dari makanan makanan dari daerah lain. Berikut adalah makanan khas Malang yang akan menggugah selera anda :
1. Bakso
2. Sempol 
3. Nasi goreng mawut dll
CIRI KHAS KOTA MALANG
Ada banyak julukan untuk kota malang yaitu kota pendidikan, kota pelajar, kota apel dan Bumi Arema, tidak hanya wisata dan makanan saja yang menjadi ciri khas kota Malang tapi masih ada lagi, berikut ciri khas dari kota Malang yang pasti diingat dan diketahui banyak orang :
1. Bahasa Walikan
Orang asli Malang pasti sudah sangat paham dengan bahasa walikan . Bahasa walikan memang sudah menjadi ciri khas Kota Malang. Beberapa bahasa walikan yang sering digunakan antara lain: ker (rek), sam (mas), Ngalam (Malang), kadit itreng (tidak ngerti), nakam (makan), Ongis Nade (Singo Edan), dan masih banyak lagi. Bahasa walikan adalah bahasa yang jika membaca nya dimulai dari belakang, dan biasanya masyarakat luar daerah Malang sangat sulit untuk memahami bahasa ini karena kata katanya pasti aneh ditelinga dan baru pertama kali didengar, jadi kalau anda mampir ke kota Malang jangan lupa untuk belajar bahasa walikan dulu ya.
2. SEBUTAN BUMI AREMA
Arema Cronus FC adalah sebuah klub sepak bola yang berada di Malang, Jawa Timur, Indonesia. Arema didirikan pada tanggal 11 Agustus 1987, Arema mempunyai julukan Singo Edan . Arema telah menjadi ikon dari warga Malang Raya dan sekitarnya. Sebagai perwujudan dari simbol Arema, hampir di setiap kota hingga gang gang kecil terdapat patung dan gambar singa. Kelompok suporter mereka dipanggil Aremania dan Aremanita. Karena suporternya yang sangat fanatic ini Malang dijuluki Bumi Arema.

Komentar

Postingan Populer